Selasa, 29 Agustus 2017

Tips memilih hewan kurban terbaik

Kambing Kurban Ideal

Tak lama lagi umat islam di seluruh dunia akan merayakan hari raya idhul adha atau yang biasa disebut hari raya kurban. Tnetunya hari  raya idhul adha sangat berbeda dengan hari raya idhul fitri, dalam perayaan iidhul adha setelah selesai melaksanakan sholat ied bersama-sama di lapangan ada diadakan penyembelihan hewan kurban sebagaimana yang disyariatkan Allah dan telah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim. Mungkin diantara Anda sekalian ada yang sudah berniat ingin melaksanakan ibadah kurban. Untuk di Indonesia hewan-hewan yang dikurbankan yakni sapi, kambing, domba dan kerbau.

Lalu kriteria hewan seperti apa yang baik untuk dijadikan hewan kurban? Sebenarnya dalam ajaran islam sudah dijelaskan secara rinci tentang kriteria hewan kurban yang baik untuk dikurbankan. Nah inilah sedikit tips untuk memilih hewan kurban supaya sesuai dengan ajaran islam.

Umur Hewan

Ketentuan umur hewan yang digunakan untuk dikurbankan sudah diatur secara rinci. Untuk sapi ataupun kerbau yang sudah pantas dijadikan hewan kurban adalah yang sudah berumur 22 bulan sampai 24 bulan, sedangkan untuk domba yakni 6 bulan hingga 1 tahun dan untuk kambing pantasnya jika sudah berumur 1 tahun. Tentu Anda bertanya-tanya bagaimana cara mengecek umurnya? Caranya memang agak banyak namun biasanya banyak orang menggunakan metode melihat gigi hewan.

Gigi yang dilihat adalah gigi seri. Penentuan umur bisa dilihat dari jumlah gigi yang sudah berganti dari gigi susu menjadi gigi tetap. Anda tidak akan kesulitan untuk membedakannya sebab warna dan ukuran gigi susu dan gigi tetap sangatlah berbeda. Ukuran gigi tetap tentu lebih besar ketimbang gigi susu dan warna gigi tetap lebih kekuning-kuningan sedangkan gigi susu berwarna putih.

Hewan Tidak Cacat

Ketika Anda membeli hewan yang akan dikurbankan pastikan Anda melihat fisik hewan keseluruhan apakah ada cacat ataukah tidak. Sebab kecacatan hewan juga akan mengakibatkan kecacatan dalam ibadah kurban Anda. Maka dari itu Anda harus betul-betul mencek semuanya, baik kaki hewan, mata hewan serta kulit hewan.

Tingkah Hewan

Hewan yang sehat tentu akan memperlihatkan perilaku yang aktif dan energik. Jadi jika ingin membeli hewan kurban pastikan hewannya energik sebab hewan yang lesu dan tidak berfsemangat biasanya sedang sakit atau kurang sehat.

Nafsu Makan Hewan

Hewan yang sehat juga akan menunjukan nafsu makan yang baik, jika hewan terlihat tidak nafsu makan maka ada kemungkinan yang sangat kuat bahwa hewan tersebut mengalami gangguan kesehatan. Selain itu hewan dengan nafsu makan yang baik tentu berbadan gemuk dan banyak dagingnya. Jadi jika ingin membeli hewan perhatikan juga nafsu makan hewan kurban.

Kesehatan Hewan

Saat Anda hendak membeli hewan kurban yang terakhir Anda harus memperhatikan kesehatan hewan. Ada beberapa organ tubuh yang harus Anda cek untuk memastikan kesehatan hewan. Yang pertama adalah mata hewan, pastikan hewan yang akan Anda beli tidak belekan serta bagian dalam kelopak matanya berwarna pink jika dalam keadaan sehat dan jangan sampai Anda membelihewan kurban yang bagian dalam kelopak matanya pucat atau berwarna kekuning-kuningan.

Kedua adalah hidung, hewan yang sehat hidungnya akan basah namun tidaklah becek, jika terlalu becek dii bagian hidung ada kemungkinan kuat bahwa hewan sedang dalam keadaan yang tidak prima. Dan yang terakhir adalah anus hewan, apabila disekitar anus kotor berarti ada kemungkinan hewan tersebut sedang mengalami diare dan langkah selanjutnya untuk emmastikannya lihatlah kotoran hewan tersebut, jika encer maka sudah pasti hewan tersebut sakit diare.

Nah itulah tips mudah ketika hendak membeli hewan yang akan dikurbankan. Pastikan tidak terburu ketika memilih hewan kurban jika tak ingin berkorban hati, sebab jika hewan kurban yang ada pilih ternyata memiliki penyakit atau cacat maka kesempurnaan ibadah kurban Anda akan ternodai. Jadi pilihlah dengan tenang dan cemat sebab kurban adalah bentuk dari ibadah, alangkah baiknya jika Anda bersungguh-sungguh dan cermat dalam memilih hewan yang terbaik untuk berkurban. Semoga bermanfaat dan selamat berkurban.

Tidak ada komentar:
Write komentar