Friday, 3 November 2017

Tips Service AC Depok Untuk AC Tidak yang Dingin

Servis AC
Sebagai kota yang terletak di dekat Ibu Kota, cuaca di Depok tidaklah berbeda dengan Jakarta. Udara yang panas sudah menjadi keseharian yang dapat ditemui di sini. Oleh karena itu, AC menjadi salah satu kebutuhan yang mutlak. Namun, apa jadinya bila AC tidak dingin? Tentu kita tidak akan nyaman beraktivitas. Apabila mengalaminya, lihatlah tips service ac depok untuk AC yang tidak dingin.

AC tidak dingin memang masih bisa dinyalakan pada bagian indoor maupun outdoornya. Namun AC tidak akan mampu mengeluarkan udara dingin sama sekali. Pada umumnya, terdapat dua penyebab utama pada masalah ini. Masalah tersebut dapat berupa AC yang kotor maupun yang tekanan freonnya habis.

1. AC Kotor dan Sudah Lama Tidak Dicuci

Apabila AC tidak dingin, kita harus melihat apakah keadaan AC memang kotor. Kita perlu melihat bagian evaporator indoor maupun kondensor outdoor. Apakah terdapat banyak debu di dalamnya? Apabila ya, sudah pasti AC tidak mampu menyebarkan udara dingin ke seluruh ruangan. Sebagai mesin pendingin yang menyerap udara panas, AC juga akan menyerap debu di dalam ruangan. Debu tersebut tentu akan menumpuk apabila kita sudah lama tidak membersihkannya. Oleh karena itu, AC kita perlu dicuci. Kita memang dapat melakukan cuci AC sendiri. Namun apabila belum terbiasa, sebaiknya kita mencari teknisi AC professional di sekitar Depok. Kita dapat meminta bantuan pada teknisi AC langganan kita atau mencari refensi dari kenalan maupun internet. 

Cuci AC memang dapat dilakukan sekitar 3 bulan sekali untuk AC rumah serta 2 bulan sekali untuk AC kantor. Namun, selain cuci AC, kita juga harus melakukan perawatan rutin. Kita dapat membersihkan sendiri filter indoor setiap seminggu sekali. Caranya ialah dengan membuka tutup indoor bagian atas. Setelah itu, kita dapat mengambil filter udara dan mencucinya. Agar lebih bersih, kita dapat menggunakan detergen ketika mencucinya. Setelah selesai dicuci, keringkan filter indoor dan pasang kembali setelah benar-benar kering. Cara ini akan membuat debu pada AC kita tidak menumpuk.

2. Tekanan Freon Kurang atau Habis

Apabila AC sudah dicuci namun belum dingin, cobalah mengecek tekanan gas freon. Caranya ialah dengan memasang manifold pada nepel yang terletak pada outdoor. Kita dapat melihat apakah masih ada tekanan freon atau tekanan freon sudah habis.

Apabila masih ada tekanan, mungkin AC kita hanya kekurangan freon saja. Hal ini merupakan hal yang wajar. Freon yang berkurang dapat disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya seperti kebocoran kecil yang susah dideteksi atau nepel yang kendor. Oleh karena itu, semua baut nepel harus dikencangkan. Kemudian, barulah dilakukan penambahan freon sesuai jenis freon yang terdapat pada AC. Ketika menambah freon sesuaikan juga dengan batas kekuatan mesin kompresor AC tersebut.

Apabila jarum manifold menunjukkan angka nol, berarti tekanan freon AC telah habis. Masalah ini dapat disebabkan oleh kebocoran pada evaporator indoor, kondensor outdoor, pipa instalasi, serta nepel sambungan pipa ke indoor maupun ke outdoor. Untuk memperbaikinya, harus dilakukan pengisian ulang freon hingga penuh. Biasanya, pengisian dilakukan hingga 80-90 PSI serta 125 PSI untuk AC inventer. Setelah itu, body indoor dan outdoor harus dibuka. Buka juga bagian amarfles pembungkus pipa AC. Kemudian, bersihkan pipa tembaga dan kondensor outdoor dengan spons yang telah diberikan sabun. Ketika melakukannya, perhatikanlah apakah ada gelembung udara di balik pipa, kondensor, ataupun evaporator. Bila ya, berarti tempat itulah yang menjadi titik kebocoran freon.

No comments:
Write comments